Monthly Archives: Oktober 2014

Bulan Kitab Suci Nasional

Bulan Kitab Suci Nasional

Gereja mengangkat bulan September sebagai Bulan Kitab Suci Nasional.

Tidak ketinggalan SMP Maria Immaculata juga ikut memeriahkan Bulan kitab Suci Nasional dengan berbagai lomba. Karena SMP Maria Immaculata sekolah multi dalam arti tidak hanya mengajarkan agama Katolik tetapi juga mengajarkan agama Islam maka lomba Bulan Kitab Suci ini lombanya juaga Menyangkut dua Agama.

Jenis lomba

  1. Motto Hidup (Ambil dari Injil)
  2. Baca Kitab Suci
  3. Menyanyikan Mazmur
  4. Menyanyikan Lagu Rohani
  5. Menyanyikan lagu Religi
  6. Kaligrafi
  7. Adzan

Kegiatan berlangsung sangat meriah. Setiap anak wajib mengikuti minimal satu jenis.

“ Dengan Iman yang kuat para siswa akan semakin berkarakter”

Immmaculata Oce

Immaculata Jaya

Maju terus pantang mundur

Bulan Bahasa Tahun 2014

Bulan Bahasa

Sudah menjadi tradisi SMP Maria Immaculata mengadakan lomba dalam rangka Bulan Bahasa. Kegiatan dilaksanakan tanggal 22 Oktober 2014. Biasanya kegiatan ini dilaksanakan tanggal 28 Oktober. Kegiatan ini tidak bisa dilaksanakan pada tanggal tersebut karena tanggal 28 Oktober Kabupaten Cilacap mengadakan kegitan Bulan Bahasa juga yang dilaksanakan di Maos.

Lomba ini juga dihadiri oleh siswa-siswi SD Maria Immaculata kelas VI. Kegiatan berlangsung sangat meriah.

Hari Pangan Sedunia (HPS) Tahun 2014

Hari Pangan Sedunia

Hari Pangan Sedunia diperingati setiap tanggal 16 Oktober. Peguruan Maria Immaculata Cilacap menyambut hari Pangan sedunia dengan mengadakan bazar makanan tradisional. Kegiatan dilaksanakan tanggal 23 Oktober karena pada tanggal 16 Oktober siswa SD dan SMP sedang melaksanakan Tes Tengah Semester. Kegiatan dilaksanakan di halaman SD Maria Immaculata. Jumlah Stand 17 terdiri dari para orang tua murid. Jenis makanan yang dijual beraneka ragam ada getuk, cucur, gatot, oyek, ciwel dll. Yang jelas lebih dari 20 macam nmakanan. Minuman yang dijual juga beraneka ragam ada jamu beras kencur, kunir asam, kunir sirih, temu lawak. Minuman yang lain ada dawet, badek/nira, camcau, tehh. Pembelinya adalah siswa TK, SD, SMP Maria Immaculata yang berjumlah lebih dari 600 siswa. Para orang tua juga tidak mau ketinggalan bahkan sebelum basar dibuka mereka sudah memaksa membeli karena takut kehabisan. Secara resmi bazar dibuka pukul 09.00 dan selesai sekitar pukul 10.15. Semua dagangan habis laris manis. Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan makanan tradisional yang sehat kepada anak-anak yang selama ini anak-anak lebih suka makanan instan yang mengandung pengawet, pewarna, dan penyedap. Kita tahu ketiga bahan tersebut sangat berbahaya terutama untuk anak-anak. Supaya anak mau membeli dan memakan maka para guru memberi tugas kepada para siswa untuk membuat laporan antara lain nama makanan, bahan yang dipakai, cara membuat, dan rasa. Dengan demikian anak mau tidak mau, suka tidak suka harus membeli.

Penyelenggara kegiatan ini adalah Komite perguruan Maria Immaculata.